Laporan JakPat mengungkap sejumlah aktivitas keuangan yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia dalam enam bulan terakhir saat survei dilakukan.
Hasilnya, mayoritas atau 94% responden mengeluarkan uang untuk pembayaran digital. Disusul 65% yang mengalokasikannya untuk membayar tagihan.
"Dua dari tiga orang menghabiskan uang untuk membayar tagihan, termasuk telepon, pulsa, internet, listrik, dan air, dalam enam bulan terakhir," tulis JakPat dalam laporan bertajuk Indonesia Fintech Trends–2nd Semester of 2024.
Berikutnya, sebanyak 32% responden menyimpan uang untuk menabung. Lalu 21% membayar asuransi dan 17% untuk investasi.
Survei Jakpat ini melibatkan 2.133 responden, terdiri atas 53% laki-laki dan 47% perempuan.
Responden berada di Pulau Jawa non-Jabodetabek (49%), Jabodetabek (33%), dan luar Pulau Jawa (18%). Responden didominasi oleh generasi milenial sebanyak 42%, gen Z 36%, dan gen X 22%.
Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Jakpat pada 28 November-5 Desember 2024 dengan margin error di bawah 5%.
(Baca: Toko Swalayan sampai RS, Ini Tempat Konsumen Biasa Pakai QRIS)