Inflasi Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Kota Bekasi Bulan September 0,22%

1
Agus Dwi Darmawan 09/10/2024 14:41 WIB
Image Loader
Memuat...
Perkembangan Inflasi (m-to-m) Kota Bekasi 6 Bulan Terakhir
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga-harga komponen penyumbang inflasi tekstil rumah tangga di Kota Bekasi pada September mencapai 0,22%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 0,14%. Di antara tujuh kelompok inflasi yang diukur di daerah ini, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga menyumbang 0,08% inflasi daerah ini.

(Baca: Pengeluaran Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya di Kabupaten Sukamara Bulan September Naik 0,1%)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga di Kota Bekasi berada di level 99,5 pada September 2024, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 99,28.

Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga telah mencapai 3,08% (year on year/yoy). Sementara jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, harga-harga komponen penyumbang inflasi di Kota Bekasi telah mengalami pertumbuhan 2,64% (year to date/ytd).

Subkelompok inflasi ini mengalami peningkatan tertinggi di urutan kedua dibanding sub kelompok penyumbang inflasi lainnya.

(Baca: Harga Pakaian dan Alas Kaki di Kota Padang Sidimpuan Bulan September Naik 0,18%)

Berikut ini inflasi subkelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga yang di ukur BPS per September di Kota Bekasi :

  • Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,08%
  • Kelompok tekstil rumah tangga 0,22%
  • Kelompok peralatan rumah tangga 0,73%
  • Kelompok barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin -0,02%

Dibandingkan dengan 32 kabupaten/kota lain, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga tertinggi terjadi di Indonesia sebesar 0,05% dengan IHK sebesar 102.97 dan terendah terjadi di Kabupaten Minahasa Utara turun 0,45% dengan IHK sebesar 99,06. Sementara untuk Kota Bekasi ini menempati urutan 11.

Inflasi (umum) bulan Juni 2024 di tingkat nasional sebesar 0,12% turun dari bulan sebelumnya (month to month/m-to-m). Jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, inflasi umum nasional telah mencapai 1,04% (ytd) dan jika dibandingkan dengan posisi Juni 2019, telah terjadi inflasi turun 23,07% (yoy).

Data Populer

Lihat Semua