Inflasi Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Kabupaten Bulukumba Bulan Agustus -0,19%

1
Agus Dwi Darmawan 15/09/2024 15:36 WIB
Image Loader
Memuat...
Perkembangan Inflasi (m-to-m) Kabupaten Bulukumba 6 Bulan Terakhir
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga-harga komponen penyumbang inflasi barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin di Kabupaten Bulukumba pada Agustus kemarin turun 0,19%. Angka ini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 0,03%. Di antara tujuh kelompok inflasi yang diukur di daerah ini, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga menyumbang -0,06% inflasi di Kabupaten Bulukumba.

(Baca: Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Menghabiskan Rp50,65 per Kapita per Minggu untuk Membeli Sandung Lamur)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga di Kabupaten Bulukumba berada di level 107,54 pada Agustus 2024, lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 107,74.

Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga telah turun 11.39% (year on year/yoy). Sementara jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, harga-harga komponen penyumbang inflasi di Kabupaten Bulukumba telah mengalami pertumbuhan -0,28% (year to date/ytd).

Dibandingkan dengan 11 kelompok lainnya, inflasi kelompok ini berada di urutan enam.

(Baca: Inilah Perkembangan Persentase Rumah Tangga dengan Akses terhadap Hunian Layak dan Terjangkau Periode 2015-2023)

Berikut ini inflasi subkelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga yang di ukur BPS per Agustus di Kabupaten Bulukumba :

  • Kelompok furnitur, perlengkapan dan karpet 0,12%
  • Kelompok barang pecah belah dan peralatan makan minum 0,06%
  • Kelompok barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin -0,19%
  • Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga -0,06%

Dibandingkan dengan 131 kabupaten/kota lain, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga tertinggi terjadi di Kabupaten Lampung Timur turun 4,4% dengan IHK sebesar 97,74 dan terendah terjadi di Kabupaten Karimun sebesar 0,01% dengan IHK sebesar 100.55. Sementara untuk Kabupaten Bulukumba ini menempati urutan 103.

Realisasi inflasi Indonesia sebesar 0,12% secara bulanan dan -23,07% secara tahunan. Meski tercatat lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulanan sebelumnya, tingkat inflasi bulanan ini tidak setinggi periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar 3,28%.

Data Stories Terkini
Databoks Premium
Databoks Premium

Data Populer

Lihat Semua