Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

Kaesang Masuk Bursa Cagub Jateng, Ini Kelebihannya menurut Warga

1
Nabilah Muhamad 22/07/2024 17:10 WIB
Image Loader
Memuat...
Kelebihan Kaesang Pangarep menurut Responden Jawa Tengah (Juni 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Litbang Kompas melakukan jajak pendapat terkait kelebihan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, yang belakangan kerap disebut dalam bursa calon gubernur Jawa Tengah 2024.

Hasilnya, mayoritas atau 32% responden di Jawa Tengah menilai keunggulan Kaesang terletak pada karakter personalnya yang humoris, gaul, merakyat, dan sebagainya.

Identitas Kaesang sebagai putra daerah Jawa Tengah juga dianggap sebagai nilai lebih oleh 16,4% responden.

"Dengan demikian, aspek emosional tampak kentara menjadi basis utama ikatan Kaesang dengan pendukungnya," kata tim Litbang Kompas dalam laporannya, Minggu (21/7/2024).

Ada pula 9% responden yang menilai kelebihan Kaesang berupa kinerja atau pengalaman, 2,8% karena berasal dari keluarga presiden, dan 1,2% karena masih muda.

Kemudian sebagian kecil responden menilai kelebihan putra Presiden Joko Widodo ini adalah berstatus figur publik, punya visi dan misi, serta berpengalaman bisnis. Sementara hanya ada 0,2% responden yang menilai Kaesang tak punya kelebihan.

Survei Litbang Kompas ini melibatkan 500 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Pengambilan data dilakukan pada 20-25 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 4,4% dan tingkat kepercayaan 95%, dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

(Baca: Kaesang dan Ahmad Luthfi Bersaing Ketat di Bursa Pilgub Jawa Tengah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua