Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

Andai Anies dan Ahok "Rematch" di Pilkada Jakarta, Siapa yang Menang?

1
Nabilah Muhamad 19/08/2024 18:04 WIB
Image Loader
Memuat...
Elektabilitas Anies dan Ahok dalam Simulasi Pilkada Jakarta (Agustus 2024)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menggelar survei simulasi Pilkada Jakarta dengan melibatkan dua nama, yaitu Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Hasilnya, Anies memperoleh 37,8% suara, unggul tipis dari Ahok yang meraih 34,3% suara. Sementara ada 28% responden yang belum menentukan pilihan.

Menurut Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani, pertarungan Anies dan Ahok ini tampak seperti babak tanding ulang atau rematch Pilkada Jakarta 2017.

"Walaupun secara statistik selisih itu tidak signifikan, tapi ini juga tidak mengejutkan, dulu [di Pilkada Jakarta 2017] juga [Anies] menang lawan Ahok," kata Deni dalam video Peluang Calon-Calon Di Pilgub Jakarta: Temuan Agustus 2024 di kanal YouTube SMRC yang diunggah Minggu (18/8/2024).

Namun, saat ini ada banyak responden yang masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan jika Anies dan Ahok kembali bersaing.

"Ketika yang bersaing Anies melawan Ahok, orang jadi mikir, 'ini siapa yang mau saya pilih, apa pilgubnya kayak dulu lagi?' Mungkin itu juga sesuatu yang masih jadi pertimbangan orang," katanya.

Survei SMRC ini melibatkan 500 responden di Jakarta yang dipilih secara proporsional untuk mewakili pemilih di setiap kabupaten/kota.

Pengambilan data dilakukan pada 8-12 Agustus 2024 melalui wawancara telepon. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 4,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Kinerja dan Rekam Jejak, Pertimbangan Utama Pemilih dalam Pilkada 2024)

Editor : Adi Ahdiat

Data Populer

Lihat Semua