Indonesia Paling Banyak Ekspor Alas Kaki ke Panama

Perdagangan
1
Agus Dwi Darmawan 01/04/2024 14:47 WIB
Produk Utama yang Diekspor Indonesia ke Panama pada 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia membukukan ekspor dengan Panama US$ 170,409 ribu data per Desember 2022. Nilai tersebut naik 85,67% dibandingkan ekspor tahun sebelumnya yang tercatat US$ 91.779 ribu.

Rekam jejak perdagangan Indonesia dengan Panama, ekspor dalam 10 tahun terakhir telah mengalami penurunan cukup dalam. Tahun 2022 merupakan catatan sejarah dengan rekor nilai ekspor tertinggi.

Dari total 97 produk (kode HS dua digit) yang diekspor ke Panama, 38 produk bernilai lebih dari satu miliar dolar. Kebanyakan produk ekspor ke tempat ini, merupakan ekspor produk yang juga banyak diekspor ke negara lain yang jumlahnya tercatat ada 49 produk.

Berikut ini adalah daftar lima produk utama yang diekspor Indonesia ke Panama. Urutan ini disusun mulai dari transaksi dengan nilai yang terbesar.

  1. Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya
  2. Di urutan pertama, Indonesia banyak mengekspor Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya. Dalam klasifikasi tradmap, Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya masuk kategori produk HS dengan kode 64. Produk ini merupakan jenis barang ekspor yang dikelompokkan bersama dengan dan bagian dari artikel tersebut

    Pada 2022, Indonesia tercatat mengekspor sebanyak US$ 49.953 ribu. Nilai ekspor Alas kaki, pelindung kaki dan sejenisnya; bagian dari artikel tersebut ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 22.080 ribu.

  3. Kendaraan selain sarana perkeretaapian atau trem, serta bagian dan perlengkapannya
  4. Di urutan kedua, ekspor Indonesia paling banyak adalah produk Kendaraan selain sarana perkeretaapian atau trem, serta bagian dan perlengkapannya. Nilai ekspor dari Panama pada 2022 tercatat US$ 39.328 ribu. Angka ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 27.859 ribu.

  5. Mesin dan peralatan listrik serta bagiannya
  6. Indonesia melakukan ekspor produk ini dengan tujuan ke 164 negara. Ekspor Mesin dan peralatan listrik serta bagiannya ke negara ini berada di urutan 33. Pada 2022, Indonesia tercatat melakukan ekspor US$ 33.026 ribu. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Korea, Republik dan Hong Kong, Tiongkok.

  7. Barang dari besi atau baja
  8. Indonesia melakukan ekspor produk ini dengan tujuan ke 130 negara. Ekspor Barang dari besi atau baja ke negara ini berada di urutan 31. Pada 2022, Indonesia tercatat melakukan ekspor sebanyak US$ 8.047 ribu. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Singapura, Taipei, Cina, Amerika Serikat, Jepang dan Qatar.

  9. Pakaian dan aksesoris pakaian, tidak dirajut atau dirajut
  10. Di urutan ke kelima adalah, Indonesia juga tercatat banyak mengekspor Pakaian dan aksesoris pakaian, tidak dirajut atau dirajut ke Panama. Nilai ekspor produk ini pada 2022 senilai US$ 6.862 ribu. Jumlah ini naik dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat US$ 3.406 ribu. Data Trademap memperlihatkan aktivitas dagang Indonesia mengekspor Pakaian dan aksesoris pakaian, tidak dirajut atau dirajut ke 154 negara. Ekspor Pakaian dan aksesoris pakaian, tidak dirajut atau dirajut ke negara ini berada di urutan 33. Negara lain yang masuk lima besar tujuan ekspor adalah Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea, Republik dan Kanada.

Data Populer
Lihat Semua