Prabowo-Gibran Kuasai Hasil Interaksi di Tiktok Pasca-Debat

Politik
1
Nabilah Muhamad 06/02/2024 10:56 WIB
Pasangan Capres-Cawapres dengan Tingkat Interaksi Tertinggi di TikTok sampai H+1 Debat Pilpres Seri Kelima (4-5 Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga analisis media sosial, Drone Emprit, melakukan analisis terhadap interaksi capres-capres di Tiktok setelah debat Pilpres seri kelima sampai H+1.

Data dihimpun mulai 4 Februari 2024 pukul 19.00 WIB sampai 5 Februari 2024 pukul 17.00 WIB. Adapun tingkat interaksi ini dihitung dari gabungan jumlah unggahan, suka, komentar, dan bagikan. 

Pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendulang interaksi tertinggi di TikTok, yakni 56,7 juta interaksi dari 195 konten yang dihasilkan selama periode tersebut. 

Data tersebut dikoleksi menggunakan kata kunci Prabowo, prabowosubianto, gibran, gibranrakabuming, gibran_rakabuming, gibranrakabumingraka, dan prabowogibran2024. 

Video terkait paslon nomor 2 yang paling disukai netizen saat Prabowo minta maaf dalam closing statement kepada kedua paslon lainnya atas kata-kata yang menyinggung selama kampanye.

“Meski bukan dari akun paslon 02 sendiri, video yang memperlihatkan kerendahan hati dan menyentuh perasaan ini yang selalu disukai oleh pengguna TikTok,” kata Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi dalam cuitan di akun pribadinya, Senin (5/2/2024). 

Di urutan kedua ada paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dengan 49,7 juta interaksi dari 327 konten di TikTok sampai H+1 debat kelima.

Penelusuran ini berdasarkan kata kunci Anies, aniesbaswedan, aniespresiden2024, "AMIN", cakimin, aminajadulu, aniesbubble, abahanies, dan desakanies. 

Meskipun pasangan AMIN memiliki konten yang paling banyak dari kedua paslon lainnya, tetapi interaksinya masih di bawah Prabowo-Gibran. 

“Untuk paslon 01, video yang paling disukai adalah video penutup debat kelima dari Anies, dengan caption ‘mengandung bawang’,” kata Ismail. 

Terakhir, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang memperoleh 190 juta interaksi dari 226 konten di Tiktok. 

Data ini ditarik berdasarkan unggahan dengan kata kunci Ganjar, ganjarpranowo, mahfud, mahfudmd, ganjarmahfud, tabrakprofmahfud, pilihno3, dan  ganjarmahfud2024

Video paslon ini yang paling disukai warga TikTok adalah momen closing statement Ganjar dalam debat kelima yang mengajak publik untuk jangan memilih pemimpin yang melanggar HAM. 

(Baca juga: Prabowo Dapat Sentimen Ternegatif di Debat Pilpres Terakhir, Anies Terpositif)

Data Populer
Lihat Semua