10 Merek Popok Sekali Pakai Terlaris Selama Harbolnas 2022

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 30/10/2023 17:00 WIB
10 Merek Popok Sekali Pakai Terlaris Selama Harbolnas 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ekosistem e-commerce Indonesia memperingati Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) setiap “tanggal kembar”, mulai dari 9 September (9/9), 10 Oktober (10/10), 11 November (11/11), sampai momen puncak Harbolnas pada 12 Desember (12/12) setiap tahunnya.

Selama periode Harbolnas tersebut, berbagai merek berlomba-lomba menyusun strategi dan menawarkan beragam promosi untuk menarik perhatian konsumen agar melakukan pembelian secara online.

Harbolnas menjadi acara diskon tahunan yang efektif dalam mendorong peningkatan penjualan merek-merek tertentu, terutama di platform toko online Indonesia.

Momen ini pun kerap dimanfaatkan oleh konsumen untuk belanja berbagai produk secara online, termasuk popok sekali pakai.

Berdasarkan temuan Compas Dashboard, ada 10 merek popok sekali pakai yang meraih market share tertinggi berdasarkan total transaksi pada periode diskon Harbolnas 2022, posisi puncaknya ditempati Mamypoko.

Mamypoko, merek popok asal Jepang, tercatat meraih pangsa pasar atau market share 30,95% pada periode diskon Harbolnas 2022, jauh melampaui merek-merek pesaingnya.

Berikutnya ada Sweety yang menjadi merek popok sekali pakai terlaris ke-2, dengan pangsa pasar 17,80%. Di peringkat ke-3 ada merek popok asal Indonesia, Baby Happy, dengan perolehan pangsa pasar 17,43%. 

Merek popok sekali pakai lain yang total transaksinya tergolong tinggi pada periode diskon Harbolnas 2022 adalah Merries, GOO.N, Makuku Air Diapers, Happy Nappy, Genki, Sensi, dan Pampers, dengan pangsa pasar seperti terlihat pada grafik.

Data ini diperoleh Compas melalui penelusuran digital (online crawling) terhadap produk popok sekali pakai yang dijual di toko resmi (official store) dan toko tidak resmi (non-official store) di Shopee dan Tokopedia.

Penelusuran data dilakukan selama periode diskon Harbolnas 1 September-31 Desember 2022.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pangsa pasar produk FMCG lainnya, serta prediksi Harbolnas tahun ini untuk kategori food & beverage, beauty & care, healthcare, mom & baby, dan home cleaning, pembaca dapat mengunduh Compas Market Insight: Road to Harbolnas Report 2023 di tautan ini.

(Baca: Pengunjung Shopee Makin Banyak, Bagaimana E-Commerce Lain?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua