Seberapa Sering Warga ASEAN Belanja Online? Berikut Surveinya

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 21/09/2023 17:40 WIB
Frekuensi Belanja Online di Sejumlah Negara Asia Tenggara (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam laporan Watch, Chat, Read, Shop-Consumer Pulse Report edisi Maret 2023, lembaga riset Rakuten Insight merekam frekuensi belanja online di sejumlah negara.

Menurut laporan tersebut, Vietnam jadi negara yang intensitas belanja online hariannya paling tinggi di Asia Tenggara, sekaligus tertinggi dari 13 negara yang disurvei.

Sebanyak 12% dari total responden di Vietnam mengaku belanja online hampir setiap hari. Adapun mayoritas atau 46% responden Vietnam biasa belanja online setidaknya 1 kali per minggu (mingguan).

Kemudian ada Indonesia, dengan 10% responden yang belanja online hampir setiap hari, 37% belanja online secara mingguan, dan 36% setidaknya 1 kali per bulan (bulanan).

Sementara dari Malaysia, hanya 7% responden yang belanja online hampir setiap hari. Mayoritas atau 36% responden Malaysia biasa berbelanja online secara bulanan.

Begitu pula dengan Filipina dan Singapura yang mayoritas responden di negaranya belanja online secara bulanan, dengan proporsi seperti terlihat pada grafik.

Rakuten Insight juga melakukan survei terkait kategori barang yang paling banyak dibeli saat belanja online. Alhasil, kategori makanan dan minuman jadi yang paling banyak dibeli, dengan proporsi 57% dari total responden di 13 negara.

Berikutnya, ada kategori kebutuhan rumah tangga dengan persentase 54% dan produk fesyen & kecantikan 51%.

Survei ini melibatkan 6.479 responden yang tersebar di Asia Pasifik (Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hong Kong, Jepang, Filipina, Taiwan, India, Korea Selatan, Singapura) dan Amerika Serikat.

Data dikoleksi pada Maret 2023 menggunakan metode survei online dari panel khusus Rakuten Insight.

(Baca juga: Ini Media Sosial yang Banyak Dipakai Konsumen Indonesia untuk Belanja)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua