Ini Bidang Karir yang Banyak Dipilih Alumni LPDP

Demografi
1
Adi Ahdiat 04/08/2023 15:20 WIB
Jumlah Alumni Penerima Beasiswa LPDP Berdasarkan Bidang Karir (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan Kementerian Keuangan, pada akhir 2022 ada 17.979 orang penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang sudah menyelesaikan studi.

Mayoritas alumni LPDP itu berkarir sebagai akademisi atau peneliti, yakni 6.356 orang.

(Baca: Aset LPDP Tumbuh Pesat, Mayoritas Berupa Investasi Jangka Panjang)

Kemudian alumni LPDP yang berkarir di perusahaan swasta ada 4.789 orang, dan pegawai negeri sipil (PNS) atau pegawai profesional kementerian 4.040 orang.

Ada pula yang berwirausaha 475 orang, pegawai BUMN/BUMD 400 orang, pekerja lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau non-governmental organization (NGO) 365 orang, dan TNI/Polri 133 orang.

Sementara, 1.421 alumni LPDP lainnya belum melakukan konfirmasi karir sampai akhir 2022.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, para alumni LPDP ini sudah berkontribusi di banyak sektor dalam negeri. Ia juga menyebut, ada penerima beasiswa LPDP yang menekuni ilmu pengolahan dan pemurnian bahan mentah, untuk mendukung target hilirisasi Indonesia.

"Mulai dari mobil listrik, bus listrik, motor listrik, kereta cepat, semua jadi pusat perhatian (LPDP). Ada juga dari sisi budaya dan kesehatan," kata Sri Mulyani dalam acara LPDP Fest di Jakarta, dilansir Tempo.co, Kamis (3/8/2023).

"Menteri Kesehatan juga agresif meminta 1.000 dokter spesialis. Jadi, LPDP itu kayak 'palugada', apa yang kamu mau, kami ada," katanya lagi.

(Baca: Eropa, Tujuan Utama Penerima Beasiswa LPDP Luar Negeri)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua