Ini Stasiun Radio yang Paling Dipercaya Warga Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 14/09/2022 15:40 WIB
Stasiun Radio yang Paling Dipercaya Responden (2020-2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Saat ini hanya ada sedikit warga Indonesia yang biasa mendengarkan radio. Menurut survei Kementerian Kominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), dari 10.000 orang responden, yang biasa mengakses radio untuk mencari informasi hanya 4%.

Angka tersebut sama persis dengan proporsi konsumen media cetak, dan jauh tertinggal dari konsumen informasi media sosial yang proporsinya 73%.

Adapun stasiun radio terbaik menurut survei ini adalah Radio Republik Indonesia (RRI), yang dipercaya oleh 40.6% dari total responden pendengar radio pada 2021. Sedangkan tingkat kepercayaan terhadap radio-radio lain jauh lebih kecil seperti terlihat pada grafik.

Selain paling dipercaya, RRI juga menjadi stasiun radio yang paling banyak diakses oleh responden. Pada 2021 sebanyak 35,7% responden pendengar radio mengaku biasa mengakses RRI. Sedangkan berbagai stasiun radio lainnya masing-masing hanya diakses oleh kurang dari 10% responden.

Responden dalam survei ini tersebar di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia. Kriteria responden merupakan anggota rumah tangga berusia 13-70 tahun serta pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.

(Baca: Ini Radio yang Paling Banyak Didengar di Indonesia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua