Inilah Media yang Paling Dipercaya Warga Indonesia pada 2023, Ada Favoritmu?

Media
1
Cindy Mutia Annur 15/06/2023 21:10 WIB
Merek Media yang Paling Dipercaya Responden (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan survei Reuters Institute terbaru bertajuk Digital News Report 2023, merek media massa yang paling dipercaya di Indonesia adalah Kompas. Media yang didirikan oleh P. K. Ojong dan Jakob Oetama ini memperoleh kepercayaan oleh sebanyak 69% responden.

Kompas mengalahkan CNN sebagai merek paling dipercaya untuk pertama kalinya sejak Digital News Report diluncurkan pada 2021,” kata Reuters Institute.

Pada laporan Digital News Report 2022CNN menempati posisi puncak media paling percaya di Indonesia, sedangkan Kompas di urutan kedua.

(Baca: Ini Merek Media yang Banyak Dipercaya Warga Indonesia)

Tercatat, pada tahun ini CNN meraih kepercayaan dari 68% responden. Kemudian, ada TVRI dipercaya oleh 66% responden, SCTV Liputan6 (64%), Detik.com (63%), Tempo dan TVOne (masing-masing 60%).

Kompas juga paling unggul di daftar merek media televisi, radio, dan cetak yang paling dipercaya di Indonesia tahun ini. Sementara, dalam daftar merek media online yang paling dipercaya di Indonesia, Kompas menempati urutan kedua setelah Detik.com.

Survei Reuters Institute juga menemukan bahwa sebanyak 39% responden Indonesia mengakui percaya pada sebagian besar berita yang beredar.

Berdasarkan jenis medianya, mayoritas atau 84% responden Tanah Air memilih media online sebagai sumber berita utama. Lalu, sumber berita paling disukai berikutnya adalah media sosial (65%), televisi (54%), sedangkan media cetak paling rendah (15%).

Survei ini dilakukan terhadap 2.012 responden di Indonesia. Survei dilakukan melalui kuesioner online yang disebar YouGov pada akhir Januari sampai awal Februari 2023.

(Baca: Deretan Negara di Asia Pasifik yang Paling Percaya Berita, Bagaimana Indonesia?)

Data Populer
Lihat Semua