Ini Merek Media yang Banyak Dipercaya Warga Indonesia

Media
1
Cindy Mutia Annur 16/06/2022 17:50 WIB
Tingkat Kepercayaan Responden terhadap Sejumlah Merek Media (Februari 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan survei Reuters Institute yang bertajuk Digital News Report 2022, merek media massa yang paling banyak dipercaya di Indonesia adalah CNN. Brand media asal Amerika Serikat ini memperoleh kepercayaan dari 66% responden.

Di urutan selanjutnya ada Kompas. Media yang didirikan oleh P. K. Ojong dan Jakob Oetama ini meraih kepercayaan dari 65% responden.

Kemudian TVRI dipercaya oleh 62% responden, Detik.com 61%, SCTV Liputan6 60%, dan Tempo 57%.

Namun, Reuters mengakui bahwa merek-merek media yang tercatat dalam survei ini belum merepresentasikan industri media secara utuh.

"Hanya merek di atas yang termasuk dalam survei, sehingga tidak boleh diperlakukan sebagai daftar merek paling tepercaya," jelas Reuters dalam laporannya.

Survei Reuters juga menemukan bahwa mayoritas atau 88% responden Indonesia memilih media online sebagai sumber berita utama. Sumber berita favorit berikutnya adalah media sosial (68%), televisi (55%), dan media cetak (17%).

Survei ini dilakukan terhadap 2.068 responden di Indonesia. Survei dilakukan melalui kuesioner online yang disebar YouGov pada akhir Januari sampai awal Februari 2022.

(Baca: Warga RI Lebih Banyak Konsumsi Berita Teks Dibanding Video)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.