Deretan Negara di Asia Pasifik yang Paling Percaya Berita, Bagaimana Indonesia?

Media
1
Nabilah Muhamad 15/06/2023 15:45 WIB
Proporsi Responden Negara di Asia Pasifik yang Paling Percaya Sebagian Besar Berita (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Thailand menjadi negara di Asia Pasifik dengan penduduk atau responden yang paling percaya dengan sebagian besar berita di berbagai media. Hal ini terlihat dalam laporan Reuters Institute bertajuk Digital News Report 2023.

Sebanyak 51% responden dari penduduk Thailand mengaku percaya dengan sebagian besar berita. Lalu Singapura menyusul di urutan kedua sebagai negara di Asia Pasifik yang paling percaya berita, dengan persentase responden sebesar 45%.

Adapun Australia di posisi ketiga sebagai negara yang paling percaya berita di Asia Pasifik. Sebanyak 43% responden dari penduduk negara kangguru tersebut mempercayai sebagian besar berita yang beredar.

Lantas, apakah Indonesia termasuk dalam daftar negara yang paling percaya dengan berita di Asia Pasifik?

Temuan Reuters Institute menyatakan, sebanyak 39% responden dari penduduk Indonesia mengakui percaya pada sebagian besar berita yang beredar. Angka tersebut cukup rendah.

Capaian itu juga membuat Indonesia duduk di posisi ketujuh sebagai negara yang paling percaya berita di Asia Pasifik. Sementara itu, Hong Kong juga punya proporsi yang sama dengan Indonesia.

Secara global, negara dengan tingkat kepercayaan publik terhadap berita yang paling tinggi diduduki oleh Finlandia, yang dipercaya 69% responden. Menurut laporan Reuters Institute, negara dengan tingkat kepercayaan terhadap berita cenderung punya tingkat polarisasi politik yang lebih tinggi.

Secara makro survei ini melibatkan 93.000 responden dari 46 negara di dunia. Sementara untuk survei tingkat kepercayaan publik terhadap berita, dilakukan pada 2.000 responden dari setiap negaranya.

Koleksi data dilakukan pada akhir Januari-awal Februari 2023 menggunakan metode kuesioner online, dengan margin of error sekitar 2%.

(Baca juga: Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Startup Terbanyak Dunia, Berapa Jumlahnya?)

Data Populer
Lihat Semua