Media Sosial, Sumber Informasi Utama Masyarakat Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 30/05/2023 18:50 WIB
Sumber Informasi yang Biasa Diakses Responden (2020-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Media sosial merupakan sumber informasi utama masyarakat Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

Hal ini terlihat dari laporan survei hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC) yang bertajuk Status Literasi Digital di Indonesia 2022.

Menurut laporan tersebut, responden yang menggunakan media sosial sebagai sumber informasi utama proporsinya paling besar, melampaui media-media jenis lain, seperti televisi, situs berita online, media cetak seperti koran dan majalah, maupun situs pemerintah.

Kendati demikian, proporsi responden yang menggunakan media sosial sebagai sumber informasi pada 2022 berkurang dibanding tahun sebelumnya.

“Sumber yang biasa diakses untuk mendapatkan informasi dalam tiga tahun terakhir cenderung masih sama. Media sosial merupakan sumber informasi terbesar bagi 72,6% responden pada 2022,” kata tim Kemenkominfo dan KIC dalam laporannya.

Selama periode 2020-2022, televisi dan situs berita online konsisten menjadi sumber informasi pilihan kedua dan ketiga, dengan proporsi masing-masing 60% dan 27,5% pada 2022.

Meski kalah dari media sosial, pengguna televisi dan media online terus meningkat sejak 2020. Proporsi pengguna media cetak juga terus bertambah, seperti terlihat pada grafik di atas.

Sementara, radio menjadi sumber informasi yang paling sedikit digunakan responden dalam tiga tahun terakhir. Proporsi penggunanya terus menurun sejak 2020, hingga tersisa hanya 2,9% pada 2022.

Kemenkominfo dan KIC melakukan survei ini terhadap 10.000 pengguna internet berusia 13-70 tahun yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota Indonesia.

Survei dilaksanakan pada periode Agustus-September 2022 melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan sekitar 0,98% dan interval kepercayaan 95%.

Responden memiliki beragam latar belakang dari ibu rumah tangga, wiraswasta, pekerja, pelajar, petani, dan lain-lainnya. Laporan lengkap mengenai survei ini dapat diunduh melalui tautan https://survei.literasidigital.id/.

(Baca: Mayoritas Warga RI Selektif dalam Membaca Berita Online)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua