Bukan Aare, Inilah 10 Sungai Terdalam di Dunia

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 03/06/2022 10:10 WIB
10 Sungai Terdalam di Dunia Menurut Kedalaman Maksimum
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sungai adalah salah satu unsur penting di alam yang berupa aliran air permukaan dari hulu menuju ke hilir. Manfaat sungai pun begitu penting bagi seluruh makhluk hidup baik hewan, tumbuhan maupun manusia.

Sungai juga memiliki berbagai bentuk dan bermacam-macam kedalaman. Melansir dari World Atlas, inilah daftar 10 sungai terdalam di dunia.

1. Kongo (Afrika) - 219,5 meter
2. Yangzte (Asia) - 199,9 meter
3. Danube (Eropa) - 178 meter
4. Zambezi (Afrika) - 116,1 meter
5. Amazon (Amerika Selatan) - 99,9 meter
6. Mekong (Asia) - 99,1 meter
7. Yellow (Asia) - 79,9 meter
8. St. Lawrence (Amerika Utara) - 76,2 meter
9. Hudson (Amerika Utara) - 65,8 meter
10. Mississippi (Amerika Utara) - 60,9 meter

Sungai Kongo yang terletak di negara Republik Demokratik Kongo berada di urutan teratas sebagai sungai terdalam di dunia yang dalamnya mencapai 219,5 meter.

Saking dalamnya, hanya sedikit sinar matahari yang dapat menembus bagian dalam sungai. Selain itu, bagian hulu sungai juga berbahaya karena dipenuhi dengan jeram dan anak sungai, sedangkan bagian hilirnya berisi ngarai dan air terjun.

Sementara itu, Sungai Aare yang menjadi lokasi hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, merupakan sungai terpanjang di Swiss yang membentang hingga 295 kilometer (km). Hulu sungainya berada di Gletser Aare, Pegunungan Alpen, Swiss, dilansir dari Britannica. Setelah melintasi beberapa kota dan danau, sungai yang juga dikenal sebagai Sungai Aar ini, bermuara di Sungai Rhine.

(Baca Selengkapnya: Deretan Sungai Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Melintasi 12 Negara)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua