Aqua dan Le Minerale, Dua Merek Air Mineral Paling Banyak Dikonsumsi Warga Indonesia

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 23/02/2023 16:44 WIB
Merek Air Mineral Paling Sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia Setahun Terakhir (Januari 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Aqua dan Le Minerale merupakan merek air mineral yang paling banyak diketahui oleh konsumen Indonesia, menurut hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC). Tak hanya itu, kedua merek air mineral tersebut ternyata juga paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Tanah Air.

Tercatat, sebanyak 93,1% responden mengaku paling sering mengonsumsi air mineral dengan merek Aqua dalam setahun terakhir. Lalu, sebanyak 74,7% responden mengatakan sering mengonsumsi air mineral Le Minerale dalam setahun terakhir.

“Selain menjadi yang paling banyak diketahui, nyatanya Aqua dan Le Minerale menjadi produk yang paling sering digunakan oleh mayoritas responden dalam satu tahun terakhir,” demikian dikutip dari laporan Kurious.

Di sisi lain, responden yang sering mengonsumsi Vit, Club, Ades, Nestle, Crystalline, Pristine, Total, Amidis, Evian, Eternal Plus, dan merek lainnya lebih sedikit ketimbang dua merek air mineral di atas, seperti terlihat pada grafik.

Mayoritas responden memilih mengonsumsi air mineral yang mudah ditemukan di pusat perbelanjaan (65,9%) dan harganya terjangkau (56,2%). Di sisi lain, responden yang mengonsumsi air mineral karena banyak promo pembeliannya hanya sebagian kecil (14,8%).

Kurious-KIC mensurvei 725 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 47,4% dan perempuan 52,6%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (63,4%), kemudian di Jakarta (14,2%), dan Sumatera (12,4%). Responden yang berasal dari Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua di rentang 0,7% - 4%.

Sebagian besar responden berusia antara 25-34 tahun (31,6%), diikuti kelompok 35-44 tahun (30,2%) dan kelompok 45-54 tahun (22,5%).

Adapun survei dilakukan pada 2 – 13 Januari 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,64% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Hanya 65% Rumah Tangga di Papua yang Memiliki Akses Sumber Air Layak Minum pada 2022)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua