Deretan Sungai Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai Melintasi 12 Negara

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 04/01/2022 11:30 WIB
Sungai Paling Panjang di Dunia
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sungai menjadi sebuah komponen alam yang tidak bisa dipisahkan dengan manusia. Hampir seluruh aktivitas manusia bergantung pada sungai yang berada di sekitarnya.

Melansir dari safarisafricana.com, Sungai Nil tercatat sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai sepanjang 6.650 km ini sampai melewati 12 negara yaitu Ethiopia, Eritrea, Sudan, Uganda, Tanzania, Kenya, Rwanda, Burundi, Mesir, Kongo, dan Sudan Selatan.

Di posisi kedua sungai terpanjang di dunia diduduki oleh Sungai Amazon (Amerika Selatan) dengan panjang 6.575 km. Disusul Sungai Yangtze (Tiongkok) dan Sungai Mississipi (Amerika Serikat) yang masing-masing sepanjang 6.300 km dan 5.970 km.

Sungai Yenisei (Rusia) memiliki panjang mencapai 5.539 km dan menjadi sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Kemudian, Sungai Kuning (Tiongkok) tercatat sepanjang 5.464 km dan Sungai Ob Irtysh (Rusia) sepanjang 5.410 km.

Sementara, Sungai Rio de la Plata (Amerika Selatan) menempati urutan berikutnya dengan panjang 4.880 km. Sementara, Sungai Kongo (Afrika Tengah) dan Sungai Amur (Rusia dan Tiongkok) memiliki panjang masing-masing 4.700 km dan 4.444 km.

(Baca Selengkapnya: Tiongkok, Sentra Produksi Telur Ayam Ras Terbesar di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.