Wanita Hong Kong Punya Harapan Hidup Terpanjang di Dunia

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 08/03/2022 14:10 WIB
10 Negara dengan Angka Harapan Hidup Wanita Tertinggi (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Worldometers, angka harapan hidup penduduk dunia sebesar 73,2 tahun pada 2020. Wanita memiliki harapan hidup yang lebih lama yakni 75,6 tahun, sedangkan pria 70,8 tahun.

Hong Kong tercatat sebagai negara dengan angka harapan hidup wanita tertinggi di dunia yang mencapai 88,17 tahun. Faktor utama yang membuat angka harapan hidupnya tinggi adalah kualitas fasilitas kesehatan anak yang memadai. Faktor tersebut membawa Hong Kong sebagai negara dengan kematian bayi paling rendah di dunia.

Negara dengan angka harapan hidup wanita tertinggi kedua adalah Jepang, yaitu 88,09 tahun. Faktor utama yang ada di Jepang adalah makanan Jepang yang kaya akan buah, sayur, daging dan ikan segar, serta biji-bijian. Jepang juga memiliki budaya untuk selalu aktif beraktivitas walaupun sudah berusia lanjut.

Makau menempati urutan ketiga dengan angka harapan hidup wanita selama 87,62 tahun. Negara-negara yang juga memiliki angka harapan hidup pada wanita tertinggi, antara lain Spanyol (86,68 tahun), Korea Selatan (86,42), dan Singapura (86,15 tahun).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan angka harapan hidup wanita lebih lama ketimbang pria. Faktor-faktor tersebut seperti risiko mengalami infeksi pada kaum wanita lebih kecil dibanding pria, hormon estrogen yang dimiliki wanita memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh, dan tingkat kepedulian wanita terhadap kesehatan lebih tinggi dibanding pria.

(Baca Selengkapnya: Indeks Kesenjangan Gender Negara G20, di Mana Posisi Indonesia?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua