Charta Politika: 70,1% Masyarakat Puas dengan Kinerja Pemerintah

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 21/12/2021 10:10 WIB
Tingkat Kepuasan Publik terhadap Kinerja Pemerintah
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Charta Politika Indonesia merilis hasil survei nasional terbaru yang bertajuk kondisi politik, ekonomi, dan hukum di masa pandemi. Hasil survei menunjukkan, sebanyak 70,1% responden puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Jika dirinci, 8,3% responden mengatakan sangat puas terhadap kinerja pemerintah. Sedangkan responden yang mengatakan cukup puas sebanyak 61,8%.

Sementara itu, sebanyak 29,4% responden mengatakan tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin. Rinciannya, sebanyak 26,6% responden mengatakan kurang puas, dan hanya 2,8% responden yang menjawab tidak puas.

Bila dibandingkan dengan survei pada bulan Juli 2021 lalu, tren angka kepuasaan responden terhadap kinerja pemerintah mengalami peningkatan. Ketika itu, responden yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintah hanya 62,4%.

Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah tertinggi berada di wilayah Jawa Timur dengan responden yang mengatakan puas sebanyak 90%. Rinciannya, sebanyak 7,9% responden mengatakan sangat puas dan 82,1% cukup puas.

Sementara tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah terendah berada di wilayah Sulawesi dengan 50,6% responden yang mengatakan puas. Sebanyak 11,8% responden mengatakan sangat puas, dan 38,8% responden mengatakan cukup puas.

Survei dilakukan pada periode 29 November hingga 6 Desember 2021 menggunakan metode wawancara tatap muka dengan multistage random sampling dan melibatkan 1.200 responden. Sedangkan margin of error survei tersebut sebesar 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Litbang Kompas: Publik Cenderung Puas terhadap Kinerja Pemerintah Atasi Pandemi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua