Industri dan Pengolahan, Sektor Perusahaan BUMN Paling Banyak pada 2020

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 08/12/2021 17:30 WIB
Jumlah BUMN Menurut Kategori Lapangan Usaha pada 2020
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, ada 107 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 2020. Mayoritas perusahaan BUMN tersebut berasal dari sektor industri dan pengolahan, yakni sebanyak 28 perusahaan atau 26,16% dari total perusahaan BUMN.

Perusahaan BUMN terbanyak kedua berasal dari sektor perusahaan dan pergudangan dengan jumlah 21 perusahaan. Berikutnya, ada 15 perusahaan berasal dari sektor aktivitas keuangan dan asuransi.

Selanjutnya, sebanyak 10 perusahaan BUMN berasal dari sektor aktivitas profesional, ilmiah, dan teknis. Kemudian, terdapat 8 perusahaan berasal dari sektor konstruksi.

Berikutnya, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan memiliki sebanyak 7 perusahaan BUMN. Lalu, pada sektor real estate, perdagangan besar serta eceran, dan informasi/komunikasi masing-masing sebanyak 5 perusahaan, 4 perusahaan, dan 3 perusahaan.

Sisanya, perusahaan BUMN sektor pertambangan dan penggalian dan pengadaan air, pengolaaan sampah, limbah, serta daur ulang masing-masing sebanyak 2 perusahaan. Terakhir, sektor pengadaan listrik dan gas dan penyediaan akomodasi dan makan minum masing-masing 1 perusahaan.

(Baca: BUMN Jasa Keuangan dan Asuransi Raih Laba Bersih Tertinggi pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua