Inilah Deretan Hewan Paling Cepat di Dunia

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 19/10/2021 12:10 WIB
10 Hewan Tercepat di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Setiap hewan memiliki kelebihan fisik yang dimanfaatkan untuk mempertahankan hidup di alam liar. Kelebihan itu juga bisa membantu hewan untuk menghindari serangan predator serta membantu untuk mendapatkan makanan. Salah satu kelebihan yang dimiliki hewan adalah kecepatannya dalam berlari, berenang, atau terbang.

Dilansir dari onekindplanet.org, inilah sepuluh hewan tercepat di dunia pada saat ini.

  1. Peregrine Falcon - 321,8 kmh

Peregrine falcon (elang peregrine) merupakan burung alap-alap kawah. Kecepatan menyelam burung ini telah tercatat hingga 321,9 kmh, sehingga menjadi hewan predator yang paling ditakuti oleh mangsanya. Burung ini bisa ditemui dengan mudah di seluruh kawasan Amerika Utara, tetapi lebih sering berada di daerah pantai.

  1. White Throated Needletail - 170,6 kmh

Burung White Throated Needletail mampu terbang mencapai 170,6 kmh. Burung ini memiliki kaki sangat pendek yang digunakan untuk menempel pada permukaan yang vertical. Mereka tidak pernah menetap di tanah dan banyak menghabiskan hidupnya di udara untuk memakan serangga yang dimangsanya.

  1. Frigate Bird - 152,8 kmh

Frigate Bird atau burung cikalang membutuhkan kecepatan yang tinggi untuk menangkap mangsa mereka, terutama ikan dari dalam air. Burung-burung ini juga mencuri makanan dari burung lain dan menggunakan kecepatan mereka untuk melarikan diri.

  1. Spur-Winged Goose - 141,6 kmh

Spur-Winged Goose atau angsa bersayap memacu adalah burung besar dalam keluarga Anatidae, bisa terbang dengan kecepatan 141,6 kmh. Angsa ini umumnya memiliki bulu berwarna hitam dan terdapat bercak putih pada wajah dan sayapnya.

  1. Cheetah - 112,6 kmh

Cheetah merupakan anggota keluarga kucing yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol. Hewan yang tercepat di antara hewan darat ini dapat mencapai kecepatan 112,6 kmh.

  1. Sail Fish – 109,4 kmh

Sail Fish atau ikan layaran mampu berenang hingga 109,4 kmh. Sirip punggungnya biasanya terlipat saat berenang dan mengembang saat merasa terancam. Rahang atas ikan layar jauh lebih panjang ketimbang rahang bawah, membentuk paruh khas yang terlihat seperti tombak.

  1. Pronghorn Antelope – 96,5 kmh

Pronghorn Antelope atau Kijang tanduk bercabang berasal dari bagian barat dan tengah Amerika Utara. Kecepatan berlarinya bisa mencapai 96,5 kmh.

  1. Marlin – 80,4 kmh

Ikan Marlin bisa berenang dengan kecepatan 80,4 kmh. Ikan ini memiliki tubuh yang memanjang, moncong atau paruh seperti tombak, dan sirip punggung yang panjang dan kaku yang memanjang ke depan untuk membentuk puncak.

  1. Blue Wildebeest – 80,4 kmh

Blue Wildebeest atau wildebeest biru adalah satu dari dua spesies wildebeest yang masih hidup. Hewan ini memiliki kecepatan berlari hingga 80,4 km/jam seperti kecepatan maksimum singa, predator di habitat mereka.

  1. Brown Hare – 77,2 kmh

Spesies kelinci asli dari Eropa dan sebagian Asia ini, juga dikenal sebagai kelinci coklat. Kaki belakangnya memungkinkan untuk berlari dengan kecepatan 77,2 kmh atau setara dengan predator mereka, rubah merah.

(Baca Selengkapnya: Daftar Taman Nasional Terluas Dunia Saat Ini)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua