Penduduk Kalimantan Utara Paling Banyak Konsumsi Kalori dari Ikan

Agroindustri
1
Monavia Ayu Rizaty 14/07/2021 18:40 WIB
10 Provinsi dengan Konsumsi Kalori dari Ikan Tertinggi (Maret 2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penduduk Kalimantan Utara paling banyak mengonsumsi kalori dari ikan per Maret 2020. Rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan di Kalimantan Utara tercatat sebesar 96,9 kilo kalori (kkal).

Posisi kedua ditempati Sulawesi Tenggara dengan rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan sebesar 93,91. Setelahnya ada Maluku dengan rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan mencapai 88,39 kkal.

Kemudian, rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan di Maluku Utara sebesar 88,39 kkal. Di Aceh, rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan mencapai 85,33 kkal.

Sedangkan, rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan di Yogyakarta menjadi yang terendah secara nasional, yakni hanya 25 kkal. Posisinya diikuti oleh Jawa Tengah dan Bali dengan rata-rata konsumsi kalori per kapita dari ikan masing-masing sebesar 31,46 kkal dan 36,09 kkal.

Data tersebut menunjukkan bahwa konsumsi kalori per kapita dari ikan belum merata di seluruh Indonesia. Sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)membuat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

KKP juga menargetkan tingkat konsumsi ikan sebesar 62,5 kg/kapita di tahun 2024. Pelatihan seperti pegolahan hasil perikanan menjadi salah satu strategi KKP untuk mencapai target konsumsi ikan.

(Baca: Imbas Pandemi Covid-19, Nilai Eskpor Ikan Hias Menyusut)

Data Populer
Lihat Semua