BI: Kegiatan Usaha Semakin Membaik pada Kuartal IV/2020

Saldo Bersih Tertimbang (SBT) Kegiatan Usaha

Sumber : Bank Indonesia, 13 Januari 2021

Disalin..

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

14/1/2021, 10.39 WIB

Bank Indonesia (BI) mencatat kegiatan dunia usaha membaik pada kuartal IV 2020, meski masih dalam fase kontraksi. Ini terlihat dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) pada kuartal IV/2020 sebesar -3,90%, meningkat dari -5,97% pada kuartal III/2020.

SBT adalah perkalian antara saldo bersih dan bobot masing-masing sektor ekonomi. Bila hasilnya positif berarti ekspansi. Bila hasilnya negatif berarti kontraksi. 

Perbaikan kegiatan usaha didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang tumbuh positif, yakni pengangkutan dan komunikasi, keuangan, real estate dan jasa perusahaan, listrik, gas dan air bersih, serta jasa-jasa. Selain itu, sektor perdagangan, hotel dan restoran, industri pengolahan, dan konstruksi terindikasi membaik.

(Baca: Perusahaan Terus Pangkas Tenaga Kerja selama Pandemi)

Perbaikan kondisi kegiatan usaha didukung oleh permintaan yang meningkat saat Natal dan Tahun Baru 2021. Faktor lain yang mendorong perbaikan adalah ketersediaan bahan baku produksi dan peningkatan jumlah pelanggan baru di subsektor listrik.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.