Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja, Berapa Jumlah Pegawainya Saat Ini?

Ketenagakerjaan
1
Cindy Mutia Annur 22/08/2022 19:20 WIB
Jumlah Pegawai Bank Indonesia (2011-2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Bank Indonesia (BI) telah resmi membuka lowongan pegawai Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) angkatan 37 sejak 20 Agustus hingga 25 Agustus 2022 mendatang. Lowongan ini merupakan pekerjaan dengan level asisten manajer.

Rekrutmen BI ini terbuka untuk lulusan Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2). Calon pegawai diminta memiliki indeks prestasi kumulatif 3.00 dari skala 4 dan berusia maksimal 28 tahun bagi lulusan S2 dan 26 tahun bagi lulusan S1.

“Persyaratan lebih detail dapat dilihat di website pendaftaran, termasuk tata cara online tes,” demikian dikutip dari siaran pers Bank Indonesia, Minggu (21/7/2022).

Berdasarkan laporan keuangan Bank Indonesia 2021, jumlah pegawai Bank Indonesia mencapai 5.294 orang hingga 31 Desember 2021. Jumlah pegawai BI ini termasuk 97 pegawai yang ditugaskan di berbagai lembaga seperti IMF, Kantor Staf Presiden hingga Islamic Financial Service Board.

Selama 10 tahun, jumlah pegawai Bank Indonesia cenderung fluktuatif. Tercatat, jumlah pegawai BI terbanyak pada 2015 sebanyak 5.988 pegawai. Sedangkan, yang paling sedikit pada 2017 yakni hanya 4.732 pegawai.

Sebagai informasi, PCPM BI merupakan jalur rekrutmen pegawai di Bank Indonesia yang bertujuan untuk kaderisasi sebagai pemimpin di masa mendatang dalam rangka mengisi posisi-posisi strategis di Bank Indonesia. Nantinya, kandidat yang mengikuti proses seleksi dan juga lolos sampai tahap terakhir, akan mengikuti serangkaian program pengembangan PCPM BI.

Dalam PCPM BI 2022, bank sentral ini mencari lulusan S1 dan S2 di bidang studi matematika, statistika, teknik industri, teknik informatika, ilmu komputer, sistem informasi, ilmu ekonomi atau studi pembangunan, ilmu ekonomi syariah atau Islam, manajemen, akuntansi, keuangan, dan ilmu hukum. Bagi lulusan perguruan tinggi dari luar negeri juga masih diperbolehkan melamar rekrutmen BI jika memiliki bidang studi yang setara dengan bidang studi di atas.

Adapun informasi lengkap rekrutmen ini bisa dilihat di laman https://pcpm37.rekrutmenbi.id/ 

(Baca: Jumlah PNS di Provinsi Ini Terbanyak di Indonesia)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.