Permintaan Properti Komersial Melemah Terpukul Pandemi

Pertumbuhan Permintaan Properti Komersial (Q to Q)

Sumber : Bank Indonesia, 13 Agustus 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

4/11/2020, 09.10 WIB

Pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan permintaan properti komersial. Padahal jenis permintaan tersebut mulai menurun hingga di bawah 0% pada kuartal I-2020. Kala itu, pertumbuhan indeks permintaan properti komersial berada di titik -0,02% dibanding kuartal sebelumnya. Angkanya turun makin dalam menjadi -0.07% di kuartal II-2020.

Turunnya permintaan dari seluruh segmen, khususnya kategori sewa menyumbang kelesuan indeks permintaan properti komersial. Segmen convention hall, hotel, dan apartemen mengalami pelemahan permintaan terdalam. Ketiganya mengalami kemerosotan hingga -100%, -72,5%, dan -24,8% pada kuartal II-2020 dibanding kuartal sebelumnya.

(Baca: Laba Lima Perusahaan Properti Anjlok Saat Pandemi Covid-19)

Pemerintah yang melakukan beragam pembatasan kegiatan berimbas pada pembatalan beragam kegiatan industri meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE). Selain itu, pengembang apartemen pada sejumlah daerah juga tak menerima penghuni baru guna memperketat keamanan hunian. Sehingga tingkat hunian apartemen pun menurun.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.