Perbandingan Produktivitas Lahan Sawit Berdasarkan Kepemilikan Lahan

Produktivitas Perkebunan Sawit (CPO) Berdasarkan Kepemilikan Lahan (2013-2018)

Sumber : Kementerian Pertanian - Direktorat Jenderal Perkebunan, 2019

Disalin..

Penulis: Tim Publikasi

28/11/2019, 09.00 WIB

Produksi sawit (CPO dan inti sawit) di Indonesia pada 2018 sebesar 48,68 juta ton dengan total luas lahan 14,3 juta ha. Jumlah tersebut berasal dari perkebunan rakyat sebesar 16,80 juta ton, perkebunan besar nasional sebesar 2,49 juta ton, dan perkebunan besar swasta sebesar 29,39 juta ton. Berdasarkan data yang diperoleh dari IndexMundi secara produksi Indonesia menjadi negara dengan produksi sawit terbesar yang kemudian diikuti oleh Malaysia dan Thailand di posisi ke-2 dan ke-3.

Namun dari sisi produktivitas khususnya CPO, perkebunan sawit Indonesia hanya menghasilkan 3,60 ton/hektar/tahun pada periode 2013-2018. Sementara Malaysia dapat menghasilkan 4 hingga 6 ton/hektar/tahun. Produktivitas perkebunan sawit berdasarkan kepemilikan lahan seperti tertera pada grafik. Perkebunan rakyat rata-rata menghasilkan 3,16 ton/hektar/tahun, perkebunan besar nasional menghasilkan 3,60 ton/hektar/tahun, dan perkebunan besar swasta menghasilkan 3,94 ton/hektar/tahun.    

Rendahnya produktivitas perkebunan rakyat disebabkan belum diterapkanya teknologi yang ada dengan baik dan masih kurangnya penggunaan benih unggul yang bersertifikat oleh petani. Sehingga perlu dilakukannya peremajaan tanaman kelapa sawit, khususnya di perkebunan rakyat.

 

 

MORATORIUM SAWIT

Penulis / Koordinator

Jeany Hartriani, Fitria Nurhayati

Editor

Arie Mega Prastiwi, Sapto Pradityo

Infografik

Dani Nurbiantoro, Cicilia Sri Bintang Lestari, Nunik Septiyanti, Pretty Zulkarnain, Aris Luhur Setiawan

Desain Web

Firman Firdaus / Heri Nurwanto

Programmer

Bayu Mahdani