10 Provinsi Masih di Bawah Target Partisipasi SMA

Demografi
23/11/2016 18:09 WIB
Provinsi Belum Mencapai Target APM SMA (2015)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada 2016, masih ada 10 provinsi yang belum mencapai sasaran Angka Partisipasi Murni (APM) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Target pemerintah untuk partisipasi SMA sebesar 58,03 persen. Indikator Kesejahteraan Rakyat 2016 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Papua merupakan daerah yang paling jauh dari target. APM untuk jenjang SMA di Papua baru mencapai 43,22 persen. Kemudian Kalimantan Barat menempati urutan terendah kedua dengan APM 50,32 persen.

Wilayah lain yang APM jenjang SMA masih di bawah target adalah Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dan Gorontalo. Lalu Jawa Barat, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, dan Banten juga di bawah target pemerintah. Meski demikian, secara nasional, rata-rata APM jenjang SMA telah melebihi target pemerintah sebesar 59,71 persen.

APM merupakan persentase anak pada usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah pada jenjang pendidikan sesuai dengan usianya terhadap jumlah seluruh anak pada kelompok usia sekolah yang bersangkutan. APM mengukur proporsi anak yang bersekolah tepat waktu.

Data Populer
Lihat Semua