10 Negara yang Dinilai Memiliki Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia, Ada Indonesia?

Demografi
1
Nabilah Muhamad 11/09/2023 15:28 WIB
10 Negara yang Penduduknya Paling Banyak Menilai Kualitas Pendidikan di Negaranya Sudah Baik (Jun-Jul 2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pendidikan menjadi salah satu aspek penting bagi suatu negara untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Berdasarkan survei Ipsos, 33% responden yang tersebar di berbagai penjuru dunia menilai bahwa kualitas pendidikan di negaranya sudah baik. Di sisi lain, 36% responden lainnya menyatakan kualitas pendidikan di negara mereka masih buruk.

Adapun menurut Ipsos, Indonesia menjadi negara ke-5 di dunia yang dinilai memiliki kualitas pendidikan yang baik. Hal tersebut dinyatakan oleh 53% responden dari Tanah Air. 

Sementara peringkat pertama, ditempati oleh Singapura dengan 75% responden yang menganggap kualitas pendidikan di negaranya sudah baik. 

Kemudian disusul oleh 63% responden warga Irlandia yang menilai sistem pendidikan negaranya sudah baik. Diikuti oleh 57% responden dari Australia yang menyatakan hal serupa. 

Selain itu, terdapat pula negara-negara lainnya yang kualitas pendidikan di negaranya dinilai sudah diniliai baik, yaitu India, Kanada, Inggris, Thailand, Amerika Serikat, dan Belanda dengan persentase seperti terlihat pada grafik. 

Pada sisi lain, Hungaria jadi negara yang dinilai memiliki kualitas pendidikan terburuk di dunia, yakni 8%. Kemudian diikuti oleh Peru dan Chili dengan proporsi masing-masing sebesar 10% dan 11%. 

Survei ini melibatkan 23.248 responden di 29 negara pada periode 23 Juni-7 Juli 2023. Di Indonesia, responden yang dipilih berada di rentang usia 21-74 tahun.

(Baca juga: 10 Negara Penghasil Jurnal Ilmiah Terbanyak, AS Memimpin)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua