Live commerce adalah gabungan aktivitas live streaming dan e-commerce, di mana pedagang menjual produk dalam siaran langsung video daring.
Menurut survei Cube Asia, mayoritas atau 61% konsumen ASEAN pernah membeli produk fashion lewat live commerce.
(Baca: Jumlah Pengguna E-Commerce di Indonesia Meningkat 2020-2024)
Kemudian 30% pernah membeli produk kecantikan lewat saluran serupa, 19% membeli makanan/minuman, dan 16% membeli produk elektronik.
Cube Asia juga menemukan, mayoritas konsumen ASEAN menggunakan aplikasi live commerce TikTok (75%), diikuti Shopee (61%), dan Facebook (47%).
Cube Asia melakukan survei ini pada Juni-Agustus 2024 kepada sekitar 1.500 responden yang tersebar di 6 negara pasar utama ASEAN, yakni Thailand, Vietnam, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina.
Respondennya mencakup laki-laki dan perempuan dengan usia antara 18 sampai 77 tahun.
(Baca: Indonesia, Pasar E-Commerce Terbesar di Asia Tenggara 2024)