Idol asal Korea Selatan, seperti artis K-Pop dan K-Drama, memiliki basis penggemar yang besar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tak heran, banyak perusahaan menggaet artis-artis Korea Selatan menjadi brand ambassador untuk mengiklankan beragam produk.
Salah satu contohnya bisa dilihat pada perusahaan kosmetik Y.O.U yang menggaet artis K-Drama Kim Soo Hyun sebagai brand ambassador. Strategi Y.O.U ini juga tampaknya berhasil meningkatkan penjualan produk mereka.
Keberhasilan Y.O.U tercermin dari hasil riset Compas, dashboard market insight e-commerce nomor satu di Indonesia.
Compas melakukan penelusuran digital (online crawling) terhadap produk kecantikan kategori serum wajah yang dijual toko-toko resmi (official store) di Shopee dan Tokopedia. Penelusuran dilakukan selama periode Juni-Agustus 2022 hingga menghasilkan data sebanyak 10.785 produk.
Dari analisis terhadap data tersebut, Compas menemukan bahwa penjualan Y.O.U meningkat pesat setelah mereka menggandeng Kim Soo Hyun.
"Sebelum diangkatnya Kim Soo Hyun sebagai brand ambassador Y.O.U per tanggal 1 Juni 2022, sales quantity dari produk Y.O.U hanya menyentuh 12,3 ribu," jelas Compas dalam laporan risetnya.
"Setelah diangkatnya Kim Soo Hyun menjadi brand ambassador resmi Y.O.U, penjualan Y.O.U langsung meningkat hingga 143,33% yaitu menyentuh sampai 30 ribu sales quantity," lanjut Compas.
Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan mengklik tautan ini.
(Baca Juga: 10 Serum Wajah Paling Laris di E-Commerce, Mayoritas Brand Lokal)