Laporan Jakpat memperlihatkan tren penggunaan produk kosmetik atau makeup cenderung turun pada 2023.
Secara total, rata-rata produk makeup yg digunakan sebanyak 5 produk pada 2022. Turun menjadi 4 produk pada 2023.
Berdasarkan generasinya, rata-rata generasi Z memakai makeup sebanyak 6 produk pada 2022. Pada survei selanjutnya 2023, turun menjadi 5 produk.
Penurunan juga terjadi pada milenial. Rata-rata produk yang digunakan sebanyak 5 buah pada 2022, turun menjadi 4 produk.
Sementara gen x masih konsisten. Rerata jumlah produk yang digunakan sebanyak 4 produk pada 2022 dan 2023.
Survei Jakpat ini mengindikasikan, generasi muda lebih mengutamakan penggunaan skincare daripada makeup.
Sebanyak 97% responden gen Z mengakui, skincare merupakan investasi. Pernyataan ini diamini oleh 96% gen X dan 95% milenial.
Lalu sebanyak 86% gen Z juga mengakui, menggunakan produk skincare lebih penting daripada makeup. Hal serupa dinyatakan 76% milenial dan gen X.
Kemudian, sebanyak 83% gen Z merasa lebih percaya diri bepergian tanpa menggunakan makeup. Senada dengan 79% milenial dan 74% gen X.
Survei rerata penggunaan jumlah produk makeup ini melibatkan 1.248 responden pada 2022 dan 1.215 pada 2023.
Pada survei 2023, komposisi responden di antaranya 45% gen Z, 49% milenial, dan 5% gen X.
Adapun status ekonomi sosialnya (SES), yakni 31% menengah atas, 59% menengah, dan 9% bawah.
Areanya, yakni 29% respon di Jakarta dan sekitarnya, 50% di area Pulau Jawa, dan 21% di luar Jawa. Survei dilakukan melalui aplikasi Jakpat secara online pada 5-7 November 2023 dengan toleransi kesalahan atau margin of error 5% dan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca juga: Berapa Pengeluaran Milenial dan Gen Z untuk Belanja Kosmetik?)