Perusahaan riset pasar Compas, menelusuri persaingan merek paket kecantikan di e-commerce Indonesia periode double date atau tanggal kembar pada 8.8 tahun 2024.
Melalui metode crawling atau penelusuran digital, mereka mengumpulkan data penjualan produk dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, dan Blibli, dengan rating produk minimal bintang 4, selama periode 8-14 Agustus 2024.
Hasilnya, kategori paket kecantikan tumbuh 8,16% (year-on-year/yoy) dibanding periode 8.8 tahun lalu.
Sebanyak 9 dari 10 merek paket kecantikan terlaris di e-commerce diisi oleh merek lokal. Hanya ada satu merek yang berasal dari luar negeri, yaitu Skintific.
Wardah menempati puncak dengan memperoleh pangsa 7,8% dari total penjualan paket kecantikan di e-commerce dalam negeri selama tanggal kembar 8.8 2024.
Berikutnya ada Ms Glow yang meraih pangsa 5,4%, disusul Glad2Glow dengan 4,5%, serta Emina dan The Originote yang masing-masing pangsanya 4,2%.
Sementara merek paket kecantikan lainnya seperti Skintific, Scarlett, Animate, Daviena, dan Oh My Glow (OMG) pangsanya kurang dari 3,5% seperti terlampir pada grafik.
(Baca: 10 Merek Produk Perawatan Rambut Terlaris di E-Commerce Semester I 2024)