Perusahaan riset pasar Compas menyelisik persaingan produk perawatan rambut di e-commerce Indonesia.
Dengan metode crawling atau penelusuran digital, mereka mengumpulkan data penjualan produk dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, dan Blibli, dengan rating produk minimal bintang 4, selama periode Januari-Juni 2024.
Makarizo pun tercatat sebagai merek terlaris karena memperoleh 8,7% dari total nilai penjualan produk perawatan rambut di e-commerce lokal semester I tahun ini.
Berikutnya ada dua produk asal Prancis, yakni Kerastase dan L’Oreal Paris yang masing-masing meraih pangsa pasar 5,4% dan 4,5%.
Kemudian ada CBD dengan pangsa pasar 4,4% dan Lab on Hair 3,7%.
Sementara merek produk perawatan rambut lain seperti Matrix, L’Oreal Professionnel Paris, Ellips, Pikaru, dan Inaura meraih pangsa pasar kurang dari 3,5% seperti terlihat pada grafik.
Compas juga menemukan, dari daftar top 50 merek produk perawatan rambut terlaris, 52% di antaranya merupakan merek lokal dengan nilai penjualan kumulatif Rp156 miliar per semester I 2024.
Sebanyak 48% lainnya berasal dari merek global, dengan nilai penjualan kumulatif Rp257 miliar dalam periode sama.
(Baca: Penjualan FMCG di Shopee dan Tokopedia Naik Semester I 2024)