Penjualan produk fast moving consumer goods (FMCG) di Shopee dan Tokopedia meningkat pada semester I 2024.
Hal ini diungkapkan Compas.co.id, perusahaan penyedia data dan analisis e-commerce Indonesia.
Menurut data Compas.co.id, pada semester I 2024 nilai total penjualan FMCG di Shopee dan Tokopedia mencapai Rp36,7 triliun.
Angka itu meningkat 16% dibanding semester II 2023 yang penjualannya Rp31,5 triliun.
"Pertumbuhan ini didorong oleh kategori perawatan dan kecantikan yang konsisten terus berkembang di tiga semester terakhir," kata tim Compas.co.id dalam siaran pers, Kamis (1/8/2024).
Mereka menemukan, nilai penjualan produk FMCG kategori perawatan dan kecantikan di Shopee dan Tokopedia mencapai Rp12,8 triliun pada semester I 2023.
Kemudian pada semester II 2023 nilainya naik menjadi Rp16,7 triliun, dan bertambah lagi pada semester I 2024 menjadi Rp18,1 triliun.
Dengan begitu, pada semester I 2024 produk perawatan dan kecantikan menyumbang 51,1% terhadap total nilai penjualan FMCG di Shopee dan Tokopedia.
(Baca: Shopee Kuasai Pasar E-Commerce Produk Kecantikan di Indonesia)