Laporan survei Jakpat menyebut, sebanyak 46% responden anak muda, gen Z dan milenial, memilih merek produk olahraga internasional pada April 2024. Rinciannya, 44% gen Z dan 48% milenial dengan opsi multiple answers.
Mereka yang memilih produk internasional mengaku bahwa Nike menjadi merek terfavoritnya. Detailnya dipilih oleh 49% gen Z dan 46% milenial.
Urutan kedua ada Adidas, dipilih sama besar oleh 34% responden gen Z dan milenial.
Ketiga, Puma, dipilih sama besar 6% oleh kedua generasi. Selanjutnya ada Skechers, dipilih 2% gen Z dan 4% milenial.
Terakhir, New Balance atau NB dipilih masing-masing 3% responden gen Z dan milenial.
Survei merek olahraga internasional ini menyasar 1.820 responden yang menggunakan produk luar negeri. Namun survei habit olahraga dan hidup sehat secara umum melibatkan 3.934 responden. Adapun latar responden secara keseluruhan terdiri atas 48% laki-laki dan 52% perempuan. Berdasarkan kelompok generasi, yakni 51% gen Z dan 49% milenial.
Rincian usia responden, yakni 16-19 tahun sebesar 14%; 20-25 tahun sebesar 22%; 26-29 tahun 14%; 30-35 tahun sebesar 22%; 36-39 tahun sebesar 14%; dan 40-45 tahun sebesar 13%.
Sampel diambil di Jabodetabek dan Tangerang Selatan; Jawa meliputi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten (kecuali Tangerang dan Tangsel), Yogyakarta; luar Jawa meliputi kota besar di Bali, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Samarinda, Balikpapan, Manado, Makassar, Jayapura. Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Jakpat yang dikoleksi pada 22-28 April 2024 dengan margin error di bawah 5%.
(Baca juga: Daftar Perlengkapan Olahraga yang Terpenting Dibeli Menurut Anak Muda)