Nielsen: Belanja Iklan Tumbuh 7% di Semester I 2022, Iklan TV Mendominasi

1
Reza Pahlevi 12/08/2022 15:20 WIB
Image Loader
Memuat...
Nilai Belanja Iklan (Semester I 2019-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Belanja iklan melanjutkan tren peningkatan pada semester I 2022. Nilai belanja meningkat dari periode yang sama tahun-tahun sebelumnya.

Nielsen mencatat belanja iklan pada semester I 2022 sudah mencapai Rp135 triliun. Nilai ini meningkat 7% dari Rp127 triliun pada semester I 2021.

Meski nilai naik 7%, jumlah spot iklan di TV hanya naik 1% menjadi 2,92 juta spot. Nielsen mencatat ada peningkatan rate card iklan di TV sebesar 7% pada semester I 2022.

Belanja iklan memang masih didomonasi untuk televisi sebesar 79,7%. Cakupan pasar ini meningkat 8% dari semester I 2021.

Nielsen mencatat angka belanja iklan berdasarkan gross rate card yang tidak termasuk diskon, promo, paket, dan lain-lain. Nielsen memonitor 15 stasiun televisi, 161 media cetak, 104 radio, 200 situs, 3 media sosial, dan iklan reklame di Jakarta.

(Baca: Pendapatan Iklan Media Digital Vs Tradisional, Siapa Paling Cuan?)

Editor : Annissa Mutia
Data Stories Terkini
Databoks Premium
Databoks Premium

Data Populer

Lihat Semua