Pendapatan iklan media digital terus meningkat hingga jumlahnya mendekati bahkan melampaui media tradisional.
Mengutip Statista, pendapatan iklan Google Search sepanjang 2021 sudah mampu mencapai US$146 miliar.
Angka tersebut mendekati pendapatan iklan televisi global yang sebesar US$171 miliar, serta jauh melampaui media tradisional lain seperti media iklan luar ruangan (out-of-home advertising), koran, dan radio.
Jika menghitung seluruh layanannya, pendapatan iklan Google bahkan diperkirakan mencapai US$207 miliar dan sudah melampaui pendapatan iklan televisi global.
Adapun pendapatan iklan Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, tercatat sebesar US$115 miliar pada 2021.
Pendapatan iklan Google Network sebesar US$31,4 miliar, Amazon US$31,1 miliar, sementara surat kabar hanya sebesar US$29,5 miliar.
Agensi iklan Zenith memproyeksikan pendapatan iklan media sosial akan mencapai US$177 miliar pada 2022. Tahun ini diperkirakan akan menjadi kali pertama di mana pendapatan iklan media sosial mampu melampaui televisi.
Kesenjangan pendapatan iklan media digital dan media tradisional juga diperkirakan akan terus melebar dalam tahun-tahun mendatang. Zenith memprediksi cakupan iklan digital akan menembus 61,5% pada 2022 dan meningkat lagi menjadi 65,1% pada 2024.
(Baca Juga: 5 Saluran Iklan Digital yang Paling Banyak Diakses Konsumen)