5 Saluran Iklan Digital yang Paling Banyak Diakses Konsumen

Teknologi & Telekomunikasi
1
Adi Ahdiat 07/02/2022 20:40 WIB
Saluran Iklan Digital yang Paling Banyak Diakses Konsumen Global (Januari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Iklan digital adalah segala bentuk materi promosi dan penjualan di ruang digital seperti situs web, media sosial, aplikasi, dan berbagai saluran lain yang bisa diakses secara online.

Melalui iklan digital, perusahaan bisa memperkenalkan brand dan produk mereka ke target konsumen yang luas dengan biaya yang relatif lebih rendah dibanding iklan televisi atau iklan luar ruangan. 

Saluran Iklan Digital Paling Efektif

Menurut data Digital 2022 Global Overview Report, sampai Januari 2022 saluran iklan digital yang paling efektif menjangkau konsumen adalah mesin pencari (search engines) seperti Google, Bing, Baidu, Yandex, dan sebagainya.

Pasalnya, sebanyak 49,5% pengguna internet global lebih suka menggunakan search engines sebagai alat utama untuk meriset produk, merek, dan layanan penjualan online.

Setelah itu, sekitar 43,5% pengguna internet global suka melakukan riset produk lewat media sosial. Hal ini menjadikan media sosial sebagai saluran ikan digital paling efektif kedua.

Kemudian sekitar 37,4% warganet global suka melakukan riset produk dengan membaca ulasan konsumen lain, 34,6% mengakses situs web perusahaan sebelum membeli, dan 28,5% mengakses situs web pembanding harga sebelum transaksi.

Digital 2022 Global Overview Report juga menunjukkan sampai Januari 2022 ada beberapa saluran iklan digital yang kurang diminati warganet global untuk riset produk, yaitu forum online, mikroblog, dan vlog.

(Baca Juga: Daftar Media Sosial dengan Jangkauan Iklan Tertinggi di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua