Media sosial merupakan sarana promosi bisnis yang efektif dan efisien. Dengan harga yang relatif rendah, iklan media sosial bisa menjangkau hingga ratusan juta target penonton di berbagai belahan dunia secara bersamaan.
Berikut media sosial dengan jangkauan iklannya paling tinggi:
Meski populasi pengguna Youtube lebih sedikit dari Facebook, yakni hanya 2,5 miliar orang, tapi potensi jangkauan iklan Youtube diklaim mencapai 32,4% sehingga iklannya diperkirakan mampu menjangkau 830,1 juta orang.
Menurut Digital 2022 Global Overview Report, sampai Januari 2022 media sosial dengan pengguna terbanyak adalah Facebook, dengan populasi pengguna mencapai 2,9 miliar orang.
Namun, Digital 2022 Global Overview Report mencatat bahwa potensi jangkauan iklan Facebook hanya 26,7% dari total populasi penggunanya, sehingga iklan Facebook diperkirakan hanya bisa menjangkau sekitar 776,9 juta orang. Hal itu menjadikan jangkauan iklan Facebook kalah dari Youtube.
Digital 2022 Global Overview Report melaporkan potensi jangkauan iklan Instagram mencapai 18,7% dari total penggunanya, dan iklannya diperkirakan mampu menjangkau sekitar 276,3 juta orang.
TikTok sempat tercatat sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada tahun 2021 dan popularitasnya sempat diklaim mengalahkan Instagram.
Tapi, menurut Digital 2022 Global Overview Report, sampai Januari 2022 populasi pengguna TikTok baru mencapai 1 miliar orang, sementara pengguna Instagram sudah 1,4 miliar orang.
Digital 2022 Global Overview Report juga mencatat bahwa potensi jangkauan iklan Tiktok hanya sekitar 11,2% dari total penggunanya, sehingga iklannya hanya menjangkau sekitar 112 juta orang.
(Baca: Inilah 10 Youtuber Terkaya di Dunia pada 2021)