TikTok, Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh pada 2021

Teknologi & Telekomunikasi
1
Monavia Ayu Rizaty 04/01/2022 10:50 WIB
10 Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di Dunia (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh masyarakat dunia pada 2021. Platform video pendek ini mengungguli beberapa aplikasi di bawah holding Meta, yakni Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Menurut riset AppTopia, TikTok mencatatkan 656 juta unduhan pada 2021. Posisi kedua ditempati oleh Instagram dengan 545 juta unduhan. Di urutan ketiga, Facebook meraih 416 juta unduhan.

Aplikasi percakapan WhatsApp menempati urutan keempat dengan 395 juta unduhan. Diikuti plikasi percakapan lainnya Telegram yang menempati urutan kelima dengan 329 juta unduhan.

Popularitas TikTok terdorong oleh pandemi Covid-19. Situasi pandemi memaksa orang-orang tinggal di rumah dan mencari hiburan. TikTok mendunia karena menjalankan dua strategi. Pertama, induknya yaitu ByteDance meluncurkan dua versi aplikasi untuk pasar Tiongkok (Douyin) dan pasar global (TikTok).

Strategi kedua, TikTok memiliki desain aplikasi yang memudahkan pengguna. Setelah mengunduh platform ini di ponsel, pengguna tidak perlu mengikuti akun orang lain terlebih dahulu.

(Baca Selengkapnya: Siapa Artis TikTok Terkaya di Dunia pada 2020?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.