Berbagai aplikasi e-commerce kini menyediakan fitur live streaming untuk membantu pedagang berjualan melalui konten video.
Adapun menurut perusahaan riset pasar Snapcart, mayoritas pelaku usaha menilai Shopee merupakan aplikasi terbaik untuk melakukan hal tersebut.
(Baca: Aplikasi Live Commerce yang Digunakan Konsumen Indonesia)
Pada kuartal IV 2024 Snapcart menyurvei 250 responden pelaku usaha di Indonesia terkait pengalaman mereka berjualan di e-commerce.
Hasilnya, sebanyak 67% responden memilih Shopee sebagai aplikasi dengan fitur hiburan live streaming dan video pendek yang paling mendukung penjualan.
Kemudian yang memilih TikTok Shop 18%, Tokopedia 11%, Lazada 2%, dan aplikasi lainnya 2%.
"Platform yang sukses menghadirkan fitur live streaming secara optimal seperti Shopee Live telah memberikan peluang besar bagi pelaku usaha untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, meningkatkan kepercayaan, dan memperkuat loyalitas pelanggan," kata Senior Research Manager Snapcart, Helena Suri, dalam laporannya.
(Baca: Alasan Konsumen Indonesia Tertarik Menonton Live Commerce)