Menurut survei GWI, ada beberapa jenis akun media sosial yang banyak diikuti Generasi Z atau Gen Z.
Dari seluruh responden Gen Z pengguna media sosial secara global, mayoritasnya mengikuti akun milik teman, keluarga, atau orang-orang yang mereka kenal langsung.
(Baca: Mayoritas Warganet ASEAN Ikuti Akun Medsos Influencer)
Akun media sosial lain yang banyak diikuti Gen Z adalah akun hiburan/meme/parodi, aktor/komedian, band/penyanyi/musisi, dan influencer/pakar di bidang tertentu.
Kemudian ada yang mengikuti akun program televisi, restoran/koki/kuliner, atlet/tim olahraga, pemain game profesional/studio game, perusahaan/merek produk yang mereka konsumsi, dan pakar kecantikan dengan proporsi seperti terlihat pada grafik.
Sementara yang paling tidak populer di kalangan Gen Z adalah lembaga amal atau organisasi non-profit. Hanya 9,9% responden Gen Z global yang tercatat mengikuti akun media sosial di kategori tersebut.
GWI melakukan survei ini pada kuartal III 2023, dengan melibatkan sekitar 58 ribu responden Gen Z yang tersebar secara global.
Adapun GWI mendefinisikan Gen Z sebagai kelompok yang lahir pada pertengahan dekade 1990-an sampai awal dekade 2010-an.
(Baca: Ini Influencer yang Paling Dipercaya Konsumen ASEAN)