Pepsodent merupakan merek pasta gigi yang paling sering digunakan oleh konsumen Indonesia, menurut hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC). Sebanyak 76% responden sering menggunakan pasta gigi ini dalam setahun terakhir.
Di bawah Pepsodent, ada Ciptadent yang sering digunakan responden dalam setahun terakhir yaitu sebanyak 8,2%. Kemudian, sebanyak 5,6% responden menggunakan merek pasta gigi CloseUp.
Selanjutnya, pasta gigi merek Sensodyne dan Formula sering digunakan oleh masing-masing 3,5% dan 2% responden dalam setahun terakhir. Di sisi lain, penggunaan merek pasta gigi lainnya seperti Enzim, Colgate, Darlie, Zact, Systema, Antiplaque, dan merek lainnya lebih rendah seperti terlihat pada grafik.
Pepsodent bukan hanya paling sering digunakan, melainkan juga merek pasta gigi terpopuler di Indonesia (97%), menurut survei Kurious-KIC. Posisinya disusul oleh Ciptadent dan CloseUp masing-masing diketahui oleh 77,5% dan 74,5% responden.
Kurious-KIC mensurvei 717 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 48,3% dan perempuan 51,7%.
Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (63%), kemudian di Jakarta (15,2%), dan Sumatra (11,3%). Responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua di rentang 0,4%-3,1%.
Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (32,4%), diikuti kelompok 25-34 tahun (28,3%) dan kelompok 45-54 tahun (22,7%).
Adapun survei dilakukan pada 9 - 17 Maret 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,66% dan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca: Ini Produk yang Bikin Orang Teringat pada Idol K-Pop)