Ini Produk yang Bikin Orang Teringat pada Idol K-Pop

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 20/09/2022 10:00 WIB
Produk yang Membuat Responden Teringat pada Idol Korea Selatan (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Banyak perusahaan menggandeng artis K-Pop dan K-Drama sebagai duta merek atau brand ambassador mereka. Strategi pemasaran ini dilakukan oleh beragam industri, mulai dari produk kecantikan sampai layanan keuangan.

Adapun kelompok produk yang paling banyak diasosiasikan dengan idol Korea Selatan adalah produk kecantikan.

Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 45,9% penggemar hiburan Korea Selatan di Indonesia teringat pada idol mereka saat melihat produk perawatan wajah/kosmetik/make up.

"Hampir separuh responden menyebutkan bahwa skincare dan make up langsung mengingatkan kepada idola tertentu. Produk lainnya yang juga cukup banyak disebutkan adalah makanan dan minuman, baju, serta gadget," jelas KIC dalam laporannya.

Survei ini menemukan, merek produk skincare dan kosmetik yang paling banyak diasosiasikan dengan idol adalah Scarlett, yang menggandeng Song Joongki dan Twice sebagai brand ambassador.

Sedangkan di kelompok produk gadget, Samsung menjadi merek gawai yang citranya dinilai paling lekat dengan idol K-Pop, yaitu BTS dan Blackpink.

Survei ini dilakukan KIC terhadap 1.609 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Responden didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya bisa diunduh di tautan ini.

(Baca: Promosi Produk Lewat Idol K-Pop, Efektif atau Tidak?)

 

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.