Ini Merek Gadget yang Paling Lekat dengan Citra K-Pop

Produk Konsumen
1
Adi Ahdiat 05/09/2022 16:00 WIB
Merek Gadget yang Membuat Responden Teringat pada Artis Korea Selatan (Juni 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ada banyak idol asal Korea Selatan, baik itu artis K-Pop maupun K-Drama, yang menjadi brand ambassador atau duta merek untuk beragam jenis produk.

Adapun untuk kelompok produk gadget atau perlengkapan elektronik, merek yang paling banyak diasosiasikan dengan artis K-Pop adalah Samsung.

Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC), mayoritas penggemar hiburan Korea Selatan di Indonesia teringat pada grup K-Pop BTS dan Blackpink jika melihat produk Samsung.

Ada pula responden yang mengasosiasikan BTS dan Blackpink dengan merek gadget lain, namun porsinya sangat sedikit seperti terlihat pada grafik.

"Kolaborasi antara Samsung dengan BTS dan Blackpink menjadikannya paling diingat. Pada produk gadget ini hanya muncul 8 merek dan idola, sementara beberapa responden lupa nama merek atau nama idolanya," jelas KIC dalam laporannya.

Kendati demikian, larisnya produk Samsung di Indonesia tampaknya bukan sekadar ditopang oleh strategi pemasaran idol K-Pop.

Pasalnya, survei KIC juga menemukan bahwa mayoritas penggemar artis Korea Selatan di Indonesia lebih mempertimbangkan harga, diskon, serta ulasan konsumen dalam berbelanja. Sedangkan penggemar yang membeli produk karena diiklankan oleh idolanya hanya sedikit.

Survei ini dilakukan KIC terhadap 1.609 orang penyuka hiburan Korea Selatan di seluruh wilayah Indonesia. Responden didominasi oleh Generasi Z (usia 17-25 tahun) serta Milenial (usia 26-41 tahun), dan mayoritasnya berasal dari kelas ekonomi-sosial menengah ke bawah. Laporan survei lengkapnya dapat diunduh di tautan ini.

(Baca: Promosi Produk Lewat Idol K-Pop, Efektif atau Tidak?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.