Bukan iPhone, Ini Merek Smartphone Paling Favorit di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 08/06/2022 17:00 WIB
Merek Smartphone Paling Favorit di Indonesia (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Samsung dinobatkan menjadi smartphone terfavorit di Indonesia pada 2022. Merek asal Korea Selatan ini mendapatkan skor Top Brand Index (TBI) tertinggi sebesar 33%.

Skor TBI dibuat oleh Top Brand Award dengan melakukan survei terhadap 8.500 responden yang terdiri dari 6.000 sample acak, 1.700 sampel booster, dan 800 sampel booster B2B. Metode yang digunakan dalam survei ini yakni multistage area random sampling dan metode purposive sampling.

Di bawah Samsung, ada OPPO yang menempati urutan kedua sebagai smartphone terfavorit di Indonesia. Merek smartphone asal Tiongkok itu meraih skor TBI sebesar 20,6%.

Berikutnya, iPhone memperoleh skor TBI sebesar 12%. Xiaomi dan Vivo menyusul di urutan selanjutnya dengan skor TBI masing-masing sebesar 11,2% dan 9,7%.

Meski demikian, laporan International Data Corperation (IDC) menunjukkan, OPPO merupakan merek smartphone yang penjualannya terlaris di Indonesia sepanjang 2021. Pangsa pasar merek tersebut tercatat mencapai 20,8% dari total penjualan smartphone di dalam negeri.

(Baca: OPPO Pimpin Pangsa Pasar Smartphone di Indonesia Sepanjang 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.