Dari seluruh kategori produk makanan dan minuman kemasan yang dijual di Indonesia, beras merupakan yang terlaris.
Hal ini tercatat dalam laporan Indonesia: Food Processing Ingredients Annual yang dirilis United States Department of Agriculture (USDA).
Menurut data yang dihimpun USDA, pada 2023 nilai penjualan retail beras kemasan di Indonesia mencapai US$11,09 miliar, paling besar dibanding kategori produk lainnya.
Setelah beras, yang paling laris adalah produk baked goods (roti/kue berbahan tepung yang dipanggang) dengan nilai penjualan retail US$3,84 miliar.
Kemudian ada produk mi, makanan bayi, produk susu, biskuit manis, daging/seafood olahan, camilan gurih, confectionery (permen/cokelat/makanan berbahan gula), saus, serta minuman teh dalam kemasan dengan nilai penjualan seperti terlihat pada grafik.
USDA juga mencatat, pada 2023 Indofood menjadi perusahaan makanan dan minuman kemasan dengan penjualan retail terbesar.
"Indofood terus memimpin pasar makanan kemasan di Indonesia. Perusahaan utama lainnya adalah Nestle, Mayora Indah, dan Royal Friesland Campina. Banyak produk mereka dijual di toko-toko modern," kata tim USDA dalam laporannya.
"Pertumbuhan pesat toko swalayan, yang sebagian besar juga menyediakan produk-produk buatan lokal, telah membantu memperluas distribusi makanan kemasan di seluruh Indonesia," lanjutnya.
(Baca: Ini Industri Pengolahan dengan Nilai Tambah Terbesar di RI)