Hasil survei Ipsos secara global menunjukkan, orang-orang Asia, Timur Tengah, dan Afrika cenderung mau merogoh kocek yang besar guna mendapatkan barang bermerek yang memberikan citra menarik untuk dirinya.
Urutan pertama adalah Nigeria, sebesar 83% respondennya setuju bahwa mereka bakal mengeluarkan uang banyak untuk membeli barang bermerek.
Kedua adalah India dengan proporsi setuju sebesar 78% dari total responden. Ketiga adalah Tiongkok dengan proporsi yang sama, 78%.
Keempat ada Vietnam dengan proporsi 74%. Kelima, Indonesia, dengan persentase 72%.
Databoks mengambil 25 negara teratas yang menjadi sampel. Jika dilihat, negara Eropa, Oseania, atau Australia mendapatkan posisi di luar 10 besar.
Bulgaria contohnya, menorehkan persentase setuju sebesar 64%. Sementara Selandia Baru 57%, Australia 53%, Perancis 52%, Polandia 48%, dan Jerman 47%.
Survei itu melibatkan 48.579 orang dewasa berusia 16-75 tahun di 50 negara. Mereka diberi pilihan setuju dan tidak setuju terhadap pernyataan, "saya bersedia mengeluarkan biaya ekstra untuk merek dengan citra yang menarik bagi saya."
Para responden diwawancarai secara online pada 23 September-14 November 2022.
Berikut proporsi responden negara-negara yang setuju bahwa mereka bakal mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli barang bermerek yang memberikan citra menarik untuk dirinya.
- Nigeria 83% responden
- India 78%
- Tiongkok 78%
- Vietnam 74%
- Indonesia 72%
- Arab 71%
- Pakistan 70%
- Zambia 69%
- Hong Kong 67%
- Kenya 65%
- UEA 65%
- Bulgaria 64%
- Filipina 63%
- Singapura 63%
- Korea Selatan 62%
- Afrika Selatan 61%
- Maroko 60%
- Malaysia 59%
- Brazil 59%
- Selandia Baru 57%
- Thailand 57%
- Australia 53%
- Perancis 52%
- Polandia 48%
- Jerman 47%
(Baca juga: Kota-kota Surga Berbelanja Barang Mewah)