Hasil survei Populix menunjukkan, media sosial menjadi sumber informasi utama yang dipilih masyarakat untuk mengakses informasi terkait Pilkada 2024. Proporsinya mencapai 77%.
Media sosial yang dimaksud berupa akun media sosial berita online (79%); akun konten kreator/influencer (45%); akun media berita komunitas daerah (41%); serta akun sosial media tokoh politik (34%).
Berikutnya, 55% responden yang mendapat informasi terkait pilkada melalui pembicaraan di keluarga, teman, atau rekan kerja.
Ada pula responden yang mengakses informasi dari televisi (54%), media berita online (49%); media outdoor seperti baliho, poster, atau billboard (28%); media cetak (27%); dan radio (8%).
Sementara, ada 1% responden yang mengaku tidak pernah mendapatkan informasi seputar Pilkada 2024.
Populix menggelar survei ini secara online pada 23-26 Mei 2024 terhadap 962 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (60%), lalu diikuti Pulau Sumatra (23%); Sulawesi, Maluku, Papua (6%); Kalimantan (5%); dan Bali-Nusa Tenggara (5%).
Responden didominasi oleh generasi Z sebanyak 53%, millennial 42%, serta generasi X dan boomers 6%.
(Baca: Bukan TikTok, Ini Sumber Informasi Politik Utama bagi Mahasiswa)